Pengertian, Fungsi Dan Jenis Jaringan Komputer


Pengertian, Fungsi Dan Jenis Jaringan Komputer

Jaringan komputer adalah suatu sistem yang terdiri dari dua atau lebih yang saling terhubung satu sama lain melalui media komunikasi sehingga dapat saling berbagi data. Jaringan komputer juga dapat diartikan sebagai kumpulan sejumlah terminal komunikasi yang terdiri dari dua komputer maupun lebih yang saling terhubung. Tujuan dibangunnya suatu jaringan komputer adalah agar suatu informasi / data yang dibawa pengirim (transmitter) dapat sampai kepada si penerima (receiver) dengan tepat dan akurat. Peran jaringan komputer juga sangat diperlukan untuk mengintegrasi data antar komputer client sehingga nantinya diperoleh suatu data yang relevan.

Fungsi Dan Manfaat Jaringan Komputer
Berikut fungsi dan manfaat dari jaringan computer  :
  • Manfaat pertama dari jaringan komputer yaitu kita bisa mengakses file / folder yang kita miliki dan juga bisa mengakses file / folder orang lain yang telah disharing melalui suatu jaringan internet.
  • Menggunakan jaringan komputer kita dapat melakukan proses pengiriman data secara cepat dan efisien.
  • Menggunakan jaringan komputer dapat membantu seseorang berhubungan dengan orang lain dari berbagai wilayah.
  • Pengguna dapat mengirim teks, gambar, audio, maupun video dengan bantuan jaringan komputer.
  • Kita bisa mengakses berita atau informasi dengan mudah melalui internet, internet merupakan contoh dari jaringan komputer.
  • Misalkan dalam suatu perusahaan memerlukan alat cetak yaitu printer, cukup menggunakan satu printer saja dan bisa digunakan oleh semua orang ang ada di perusahaan tersebut dengan bantuan jaringan komputer.
Jenis – Jenis Jaringan Komputer
Pada umumnya jaringan komputer dapat di kelompokkan menjadi 5 kategori. Pengelompokan kategori tersebut berdasarkan letak geografis, distribusi sumber informasi / data, media transmisi data, peranan dan hubungan tiap komputer dalam memproses data, dan berdasarkan jenis topologi yang dipakai. Berikut penjelasan macam-macam jaringan komputer:
1.       Berdasarkan Letak Geografis
·         LAN (Local Area Network)
Local Area Network atau biasa disingkat dengan LAN merupakan suatu jaringan yang mencakup wilayah kecil, misalnya warnet, kantor, atau sekolah.
·         MAN (Metropolitan Area Network)
Metropolitan Area Network atau biasa disingkat dengan MAN merupakan suatu jaringan yang mencakup sebuah kota dengan dibekali kecepatan transfer data yang sangat tinggi. angakauan jaringan MAN berkisaran 10-50 km.
·         WAN (Wide Area Network)
Wide Area Network atau biasa disingkat dengan WAN merupakan suatu jaringan yang jangkauannya mencakup daerah geografis yang luas, misalnya sebuah negara bahkan sebuah benua.
  1. Berdasarkan Distribusi Sumber Transmisi Data
·         Jaringan Terpusat (Host Based Network)
Jaringan terpusat adalah jaringan yang terdiri dari komputer client dan komputer server yang dimana komputer client bertugas sebagai perantara dalam mengakses suatu sumber informasi / data yang berasal dari komputer server. Jaringan terpusat terdapat suatu istilah dumb terminal (terminal bisu), dimana terminal ini tidak memiliki alat pemrosesan data.
·         Jaringan Terdistribusi (Distributed Network)
Jaringan terdistribusi merupakan hasil perpaduan dari beberapa jaringan terpusat sehingga memungkinkan beberapa komputer server dan client yang saling terhubung membentuk sistem jaringan tertentu.
  1. Berdasarkan Media Transmisinya
·         Jaringan Berkabel (Wired Network)
Media transmisi data yang digunakan di jaringan ini berupa kabel. Kabel tersebut digunakan untuk menghubungkan komputer satu dengan komputer lainnya agar komputer tersebut bisa saling bertukar informasi / data atau terhubung ke jaringan internet. Contoh media transmisi yang digunakan dalam wired network adalah kabel UTP.
·         Jaringan Nirkabel (Wireless Network)
Dalam jaringan nirkabel ini diperlukan gelombang elektromagnetik sebagai media transmisi data. Berbeda dengan jaringan berkabel, jaringan ini tidak menggunakan kabel untuk bertukar informasi / data dengan komputer lain tetapi menggunakan gelombang elektromagnetik untuk mengirimkan sinyal informasi / data antar satu komputer dengan komputer lainnya.
Wireless adapter adalah salah satu media transmisi yang digunakan dalam wireless network.
  1. Berdasarkan Fungsinya
·         Jaringan Client-Server
Jaringan ini terdiri dari satu atau lebih komputer client dan komputer server. Biasanya jaringan ini terdiri dari satu komputer server dan beberapa komputer client atau juga bisa menggunakan device lainya (smartphone). Komputer server bertugas menyediakan sumber daya data, sedangkan komputer client hanya dapat menggunakan sumber daya data yang disediakan komputer server.
·         Jaringan Peer to Peer
Dalam jaringan peer to peer masing-masing komputer, baik komputer client maupun komputer server mempunyai kedudukan yang sama. Jadi komputer server dapat menjadi komputer client, begitu juga sebaliknya komputer client dapat menjadi komputer server.
  1. Berdasarkan Topologinya
Topologi jaringan komputer merupakan struktur / bentuk jaringan yang menghubungkan komputer satu dengan yang lain. Macam-macam topologi jaringan computer :
  • Jaringan Komputer Topologi Ring
  • Jaringan Komputer Topologi Bus
  • Jaringan Komputer Topologi Star
  • Jaringan Komputer Topologi Mesh
  • Jaringan Komputer Topologi Tree





Komentar

Postingan populer dari blog ini

MAKALAH UNAUTHORIZED ACCESS TO COMPUTER SYSTEM AND SERVICEETIKA PROFESI TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI

Makalah Etika Profesi TI Illegal Content dan Data Forgery

Makalah Etika Profesi TI “CYBER ESPIONAGE”